Pj Bupati Pati Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Selasa, 01 Okt 2024 | 15:19:13 WIB - Oleh Administrator


Bertempat di Halaman Setda, Penjabat (Pj) Bupati Pati, Sujarwanto Dwiatmoko, Selasa (1/10), memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 dengan tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Upacara diikuti jajaran Forkopimda Pati, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sekretaris Daerah, Anggota TNI dan Polri, serta para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam upacara itu, Pj Bupati Pati yang bertindak sebagai inspektur upacara, mengatakan bahwa sepanjang sejarah bernegara, keinginan untuk mengganti Pancasila sudah berulang kali.

“Dan pada akhirnya 59 tahun yang silam, Pancasila kembali mendapat ujiannya, dimana kita kemudian memahami bahwa di saat itulah Pancasila adalah yang kita yakini sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Sujarwanto kemudian mengajak jajaran pemerintah daerah untuk mengembangkan terus nilai-nilai lima sila di dalam tata kehidupan dan tata pemerintahan.

Dan juga, sambung Sujarwanto, sekaligus untuk selalu mengupayakan tentang bagaimana menjadi negara yang berketuhanan, bagaimana menjadi bangsa yang berkemanusiaan, bagaimana terus menjaga kesatuan dan persatuan, dan bagaimana menjaga demokrasi.

“Pada akhirnya kita hidup sebagai bangsa yang berkeadilan, dimana kita memandang manusia semuanya sama di hadapan hukum. Jadi mohon semangat itu untuk terus digali sehingga nanti itulah inspirasi pembangunan kita, itulah cara kita berpemerintahan. Maka saya titip betul, yuk kita laksanakan ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (fn2 /FN)