FORUM PERANGKAT DAERAH MERUPAKAN MOMEN YANG SANGAT STRATEGIS

Rabu, 17 Mar 2021 | 16:17:13 WIB - Oleh Administrator


Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyelarasan/Sinkronisasi Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2022 dengan Usulan Masyarakat dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Pati berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati pada Selasa (16/3/2021).

Bupati Pati, Haryanto, mengungkapkan, Forum Perangkat Daerah ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu perencanaan yang terintegrasi dan permasalahan-permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten.

"Mengacu pada sistem perencanaan pembangunan nasional maka Renja Perangkat Daerah harus merujuk pada dokumen Renstra Perangkat Daerah terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2022", kata bupati.

Ditambahkan oleh Bupati, Tema RKPD Tahun 2022, adalah Penguatan Ketahanan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik. "Adapun isu strategisnya ialah Penguatan Ketahanan Ekonomi Berkelanjutan, Pengurangan Kemiskinan, Peningkatan Kualitas SDM dan Reformasi Birokrasi Fokus pada Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik", jelasnya.

Sedangkan Prioritas Pembangunan Daerah, lanjutnya, antara lain mencakup Peningkatan Pertumbuhan Dua Lapangan Usaha Utama (yakni Pertanian dan Industri Pengolahan-red) serta Peningkatan Kualitas Infrastruktur Wilayah, Permukiman dan Lingkungan, Pengurangan Jumlah Penduduk Miskin, Pengendalian Jumlah Penduduk disertai Peningkatan Kualitas SDM, Transformasi Pelayanan Publik serta Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan.

"Dan seperti kita ketahui bersama bahwa Penyusunan RKPD Kabupaten Pati Tahun 2022 ini merupakan tahun kelima dari tahapan RPJMD Kab Pati Tahun 2017-2022", terangnya.

Untuk itu diharpakan bupati,  semua elemen yang ada untuk terus memberikan sumbangan pikiran dan tenaga guna mewujudkan pembangunan daerah yang sesuai dengan pendekatan dalam proses perencanaan pembangunan daerah.

"Besar harapan saya bahwa dalam Forum Perangkat Daerah  ini dapat menghasilkan perencanaan pembangunan yang lebih baik untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati", tegasnya.

Agenda Forum Perangkat Daerah Kabupaten Pati berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 16 -20 Maret 2021. Dan mulai tanggal 17-20 Maret 2021 akan ada pelaksanaan Desk Penyelelarasan/Sinkronisasi Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2022 dengan Usulan Masyarakat dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD.