Bekerjasama Dengan ASKLIN, Dinkes Fasilitasi Proses Akreditasi Klinik

Sabtu, 16 Jul 2022 | 13:22:36 WIB - Oleh Administrator


Dinas Kesehatan Kabupaten Pati bekerjasama dengan Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN) memfasilitasi terkait persiapan proses Akreditasi Klinik. Dalam hal ini Dinkes sebagai pembina Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL).Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr. Joko Santoso pada Workshop Persiapan Akreditasi Klinik pada Jum’at (15/7/2022) di Aula Dinkes.

Ketua ASKLIN Pati, dr. Tuty Ingniati, M.Kes, menjelaskan telah mengkoordinir Klinik yang ada di Pati dalam pelaksanaan Akreditasi Klinik yang dalam waktu dekat ini akan dinilai oleh Tim Surveyor dari pusat.

Klinik akan dibimbing dalam membuat Self Assessment atau Instrumen Akreditasi yang baru. Selain itu dilakukan koordinasi dengan Dinkes Pati mengenai proses perijinan klinik, baik yang baru ataupun perpanjangan agar dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Workshop menyampaikan workshop dengan  tiga materi, Clinic Disaster Plan, Manajemen Fasilitas Kesehatan, dan Manajemen Resiko.

Harapannya dalam pertemuan ini, klinik dapat menghasilkan bekal instrumen yang baik dan benar dapat diaplikasikan sesuai aturan dari Kemenkes