Pj Bupati: Koperasi Punya Potensi Memajukan UMKM Pati

Minggu, 06 Agu 2023 | 18:52:40 WIB - Oleh Administrator


Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro melepas peserta Jalan Sehat Peringatan Hari Koperasi Ke-76 tingkat Kabupaten Pati, Minggu (6/8) di Alun-alun Pati. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut hadir pada kegiatan ini, bersama Forkopimda dan para Kepala OPD di Kabupaten Pati.

Pj Bupati Pati Henggar mengatakan semarak peringatan Hari Koperasi ke-76 di Kabupaten Pati terus bergulir. Setelah bulan lalu menggelar wayang kulit, kali ini diselenggarakan kegiatan jalan santai agar semakin menggelorakan semangat untuk memajukan koperasi di Kabupaten Pati.

Kesempatan ini, Pj Bupati mengajak seluruh unsur yang hadir untuk bersinergi dan mendukung pengembangan koperasi. 
"Sehingga ke depan tidak ada lagi koperasi yang dibubarkan karena mati suri di Kabupaten Pati," ujarnya. 

Untuk itu Henggar juga memberikan dorongan agar segera dilaksanakan revitalisasi koperasi sebagai pilar ekonomi masyarakat. 
"Ke depan pengelolaan koperasi harus dikembangkan ke arah digital baik dalam transaksi, pencatatan hingga pelaporan sehingga tata kelola koperasi dapat berjalan secara profesional dan akuntabel," ungkapnya. 

Henggar menyebut pengembangan, pengolahan hingga pemasaran produk-produk lokal daerah seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan bisa menjadi perwujudan sistem ekonomi kerakyatan. 

Tak hanya itu, Henggar menekankan koperasi juga dapat mengambil peran dalam pemajuan sektor UMKM yang memegang peranan penting dalam perputaran ekonomi daerah.

Menurut Pj Bupati, potensi UMKM di Kabupaten Pati sangat besar dan membutuhkan support dari berbagai pihak agar mampu naik kelas. Dukungan koperasi bagi UMKM tentunya merupakan wujud simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. 

"Saya yakin jika nanti koperasi dan UMKM dapat kita kolaborasikan secara optimal, maka peningkatan kesejahteraan masyarakat akan semakin mudah untuk kita wujudkan," tandasnya. (po3/PO/AP)