Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting ( TPPS ) Kabupaten Pati Tahun 2022

Senin, 06 Jun 2022 | 14:35:37 WIB - Oleh Administrator


Sebanyak 17 Kepala OPD yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting dalam melaksanakan tugasnya , Senin 06/06/2022 dilaksanakan pengukuhan oleh Bupati Pati. Dengan ucapan Basmallah, Bupati mengukuhkan secara resmi Tim Pengarah dan Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting dengan harapan dapat memikul tanggungjawab sebaik baiknya.

Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati yang dihadiri oleh Wakil bupati, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya, bahwa pembentukan tim ini tidak lain tujuannya adalah menekan agar penurunan stunting di Kabupaten Pati dapat segera di atasi. Kepal Bappeda Pati, Mochtar mengatakan bahwa Posisi Kabupaten Pati di jateng menempati posisi ke 17, oleh karena itu diharapkan Tim mempunyai integritas yang tinggi melalui verifikasi dan validasi data stunting, membentuk regulasi tentang kewenangan desa dalam penanganan stunting karena lokus stunting ada di desa, penguatan sumber daya yaitu kader posyandu dan kader keluarga,  melakukan treatment yang angka prevalensi stunting nya tinggi serta monitoring dan evaluasi yang teintegrasi.

Dalam Sambutannya Bupati Pati mengatakan bahwa sejak tahun 2019 data menunjukkan Kab Pati cukup tinggi angka stunting nya. Kabupaten Pati sudah mempunyai support anggaran untuk stunting termasuk diambilkan dari Dana Desa untuk penganggaran stuntingnya.

Sasaran stunting antara lain , calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta dan balita serta pentingnya data stunting yang valid . Mulai dari kader kesehatan yang dibentuk , regulasi, data valid , penanganan yang tepat sasaran dan koordinasi yang intensif diharapkan dalam waktu dekat angka penurunan stunting dapat segera teratasi.

Akhir kata Bupati , dimasa pandemi covid yg mulai menurun ini,  berharap kita semua bergerak bersama dan terintegrasi untuk terus mengupayakan alokasi anggaran yang sudah dianggarkan supaya dari tahun ke tahun dapat menurun secara signifikan, karena Cegah Stunting itu Penting.