Membangun Metadata Statiistik Sektoral Yang Berkualitas

Selasa, 07 Nov 2023 | 12:14:40 WIB - Oleh Administrator


Membangun metadata statistik sektoral sangat diperlakukan untuk lebih menjamin kualitas data dan informasi guna mendukung penyelenggaraan Satu Data Indonesia dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati, Abd.Aniq dalam Focus Group Discussion (FGD) “Kolaborasi Dalam Membangun Metadata Statistik  Membangun Metdadata Statistik Sektoral Yang Berkualitas “ berlangsung di Ballroom Muria, The Safin Hotel Pati pada Senin (6/11/2023) .

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dilaksanakan kolaborasi dan koordinasi aktif yang terus berkelanjutan antara Pembina data, walidata dan produsen data agar dapat membangun pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan setiap kegiatan Statistik Sektoral dengan menyajikan data dan informasi yang berkualitas.” Jelasnya.

Aniq  berharap, semangat kerjasama dan kolaborasi yang baik tidak hanya sebatas hari ini saja, namun selanjutnya perlu dijadwalkan pertemuan rutin demi terwujudnya Satu Data Indonesia Kabupaten Pati.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, Bob Setiabudi, menjelaskan seperti  dalam Peraturan Presiden Nomor  39 Tahun 2019 bahwa Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutahir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah.

“ Adanya internet dan media sosial dapat dimanfaatkan untuk pengumpulan data, seperti data registrasi akun media sosial, web crawling dan big data.” terang Bob Setiabudi.

Senada dengan itu Narasumber juga Statisi Muda, Medha  dalam paparannya, menyampaikan tentang Metadata kegiatan statistik merupakan sekumpulan atribut informasi yang memberikan gambaran/dokumentasi dari penyelenggaraan kegiatan statistik.

Pada kesempatan tersebut disampaikan Penghargaan Metadata Kegiatan Statistik Terbaik Pertama kategori Penghimpunan Metadata Statistik Sektoral Tahun 2023 kepada Dinas Pertanian dan Terbaik Kedua kepada Dinas Komunikasi dan Informatika sedangkan kategori Pengajuan Rekomendasi Statistik terbanyak diberikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika dan RSUD RAA Soewondo Pati. (fr/ws).