Hadiri Gebyar Batik Mina Tani, Dinporapar: Tugas Kita Bersama Nguri-Uri Budaya Pati

Senin, 21 Agu 2023 | 09:07:03 WIB - Oleh Administrator


“Untuk melestarikan budaya asli Pati ini tentu dibutuhkan berbagai aksi nyata dan saya rasa Fashion Show Gebyar Batik Mina Tani ini adalah strategi jitu sebagai wujud kecintaan dan kepedulian kita kepada budaya asli daerah. Sehingga kami sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Juga konsep untuk mengedepankan ide-ide dan gagasan kreatif dalam memodifikasi kain batik menjadi sebuah karya yang bernilai tinggi juga bisa menjadi contoh  untuk mendongkrak perekonomian pada sektor ekonomi kreatif.” Tegas Kepala Dinporapar Pati yang diwakili oleh Sekretaris Endah Murwaningrum pada Lomba Fashion Show Batik Mina Tani 2023.

Acara yang digelar oleh DPC Gerakan Wanita Sukses Kab. Pati  di Pendopo Kab. Pati, Minggu 20/08/2023 ini sukses menyedot animo masyarakat. Peserta Fashion Show dibagi menjadi 4 kategori berdasarkan umur dan pemenangnya akan maju di Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalam acara ini juga disediakan bazaar UMKM dan beberapa produk sponsor.

Endah juga menambahkan bahwa Tugas kita bersama untuk Nguri-Uri Budaya asli Pati ini, apalagi pada tahun 2021, Batik Bakaran ditetapkan Kemendikbud menjadi warisan budaya tak benda, di saat yang bersamaan Desa Bakaran Wetan juga telah ditetapkan menjadi Desa Wisata. Jadi ini adalah sebuah pertanda bahwa batik sudah menjadi trend dan sudah diakui secara luas. Tentu saja ini adalah hal yang sangat membanggakan kita.