Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas Miliki Peran Penting Mencapai Target Pembangunan Kesehatan

Selasa, 12 Sep 2023 | 09:24:16 WIB - Oleh Administrator


“Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani” berlangsung di SMA PGRI 2 Kayen pada Jum’at (8/9/2023) diikuti kurang lebih 300 orang dari siswa dan Guru SMA PGRI 2 Kayen, Mahasiswa dan Dosen Stikes Bakti Utama Pati, RSUD Kayen, Puskesmas Kayen dan Dinkes Pati.

Kepala Dinkes yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan, Etty Iriantingrum, mengajak peserta untuk membudayakan gerakan hidup sehat (Germas) serta meningkatkan kebugaran jasmani guna mengurangi angka kesakitan di Kabupaten Pati.

“Kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan kebugaran Jasmani memiliki peran penting dalam mencapai target pembangunan kesehatan. Hal ini dapat dilakukan jika masyarakat mau melaksanakan pola hidup sehat yaitu gemar makan buah dan sayur, cek kesehatan secara berkala dan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari yang dilakukan secara baik benar teratur dan terukur.”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kayen, Indri Kurnia Sari, mengharapkanl kegiatan ini bisa membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sejak sedini mungkin sehingga penyakit prioritas dapat dicegah dan dikendalikan.

Senada dengan itu, Kepala SMA PGRI 2 Kayen, Surata, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani, dan berharap agar acara ini dapat menambah informasi dan wawasan tentang kesehatan pada anak-anak dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit.

Seperti diketahui, penyakit Kardiovaskuler (serangan jantung, gagal jantung, aritmia, penyakit jantung koroner), Diabetes Mellitus, dan Penyakit Tuberculosis merupakan penyakit prioritas untuk dicegah dan dikendalikan.