Dinsos P3AKB Lakukan Koordinasi Penanganan Stunting dan Bimtek KPM

Rabu, 06 Sep 2023 | 10:12:53 WIB - Oleh Administrator


Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati menyelenggarakan Kegiatan Koordinasi Penanganan Stunting Tingkat Kabupaten Pati  dan Bimtek Kader Pembangunan Manusia (KPM)  pada Selasa (5/9/2023)  di Ruang Rajawali Bappeda .

Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinsos P3AKB, Bestyanti Ikhdinastri, menyatakan koordinasi ini bertujuan untuk memahami  terkait percepatan penurunan stunting sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 dalam rangka pencapaian target nasional prevalensi stunting sebesar 14 persen pada tahun 2024.

Ditambahkan oleh Bestyanti,  KPM dalam percepatan penurunan stunting di desa adalah untuk membantu melakukan pemantauan layanan pencegahan stunting dengan sasaran rumah tangga yaitu, 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak dan sekaligus berperan aktif dalam memastikan setiap kelompok sasaran cegah stunting hingga ke pelosok desa .

Terkait pendataan dilaksanakan melalui dashhboard e HDW 2.0 sebagai dasar laporan kovergensi pencegahan stunting desa.

Harapannya melalui koordinasi dan bimtek ini, KPM mampu berkoordinasi dan bermitra dengan Posyandu , Guru PAUD,Pemerintah Desa, Sekolah, KUA, dan mengolah data secara manual dan aplikasi e HDW  yang menyajikan data pada rembuk stunting desa, forum-forum desa, Rakor.

Dalam Tim Pendamping Keluarga, KPM terlibat dalam Musdes, Forum-Forum Desa, Kegiatan Sosialisasi  dan memantau penerimaan layanan pada penerima manfaat, melaporkan tingkat kovergensi layanan di desa.

Bimtek diisi oleh Narasumber dari Dispermades, Slamet dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Desa (TAPM P3MD), Ade Siti Juariah.