Batik Pati Fashion Street Diharapkan Bisa Tingkatkan Kecintaan Milenial pada Batik Khas Daerah

Senin, 09 Okt 2023 | 08:46:05 WIB - Oleh Administrator


Dalam rangka memperkenalkan batik Pati lebih meluas di kalangan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pati, Minggu (8/10), menggelar “Batik Pati Fashion Street“ di Alun-Alun Pati. 

Selain diikuti oleh puluhan model yang mengenakan batik khas Pati, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Forkopimda Pati serta beberapa Kepala OPD Kabupaten Pati. 

Menurut Henggar, Batik Fashion Street Kabupaten Pati merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan beragam batik khas Pati dari berbagai pengrajin di wilayah Kabupaten Pati. 

"Tentunya dalam setiap kreasi ini memiliki makna dan filosofi yang sangat mendalam dari motif batik yang dikenakan", ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pati Faisa Henggar mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memperkenalkan batik Pati. "Bukan hanya di kalangan orang tua saja, namun bagaimana nantinya batik Pati dapat dicintai oleh kawula muda", tuturnya. 

Faisa juga mengungkapkan bahwa selama ini batik dicap sebagai busana yang hanya dipakai oleh orang tua, busana yang dipakai oleh para pegawai ataupun busana yang dipakai untuk kondangan. 

Usai mengikuti fashion show, Henggar bersama rombongan dan tamu undangan pun berkesempatan meninjau beberapa stand batik tulis yang ada di lokasi tersebut. 

Ketua Dekranasda Kabupaten Pati Faisa Henggar bahkan menyempatkan diri belajar membatik bersama anak-anak yang berada di kawasan Alun-alun Pati tersebut. (fn/AP)