Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Toga , Dinkes Lakuan Pembinaan Asman Toga

Sabtu, 15 Jul 2023 | 22:34:13 WIB - Oleh Administrator


Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati yang dalam hal ini Tim Yankestrad (Tim Layanan Kesehatan Tradisional, Akupuntur, Asuhan Mandiri & Kesehatan Tradisional) yang dipimpin oleh Denny Irbianto, S.K.M, mewakili Kabid Pelayanan Kesehatan, dr. Joko Santoso, bekerjasama dengan Puskesmas mengadakan kegiatan pembinaan Asuhan Mandiri Toga (Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga) dan akupresur.

Adapun sasaran kelompok Asman Toga dan akupresur yang berada di 2 desa ,Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso dan Desa Sumbersari Kecamatan Kayen. Kegiatan di Desa Soneyan dilaksanakan pada hari Rabu tgl 12 Juli 2023 dan di Desa Sumbersari pada hari Kamis tgl 13 juli 2023.

Kegiatan berupa pembinaan terhadap kelompok Asman yang sudah ada, yaitu untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan taman obat keluarga/TOGA yang bisa ditanam di lingkungan rumah masing-masing. Tujuannya agar masyarakat bisa mengatasi masalah kesehatan yang ringan sebagai pertolongan pertama baik dalam keluarga maupun kelompok secara mandiri dan bisa meningkatkan derajat kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Hasil dari kegiatan kelompok Asman Toga dan akupresur bisa dirasakan sendiri secara langsung, dengan kata lain manfaat Toga didapat dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.