Perlunya Strategi Penanggulangan HIV Dan AIDS Yang Merata

Sabtu, 09 Sep 2023 | 11:12:06 WIB - Oleh Administrator


Dalam upaya percepatan,pencegahan dan  penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Pati secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Dinas Kesehatan Kabupaten Pati melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Desa Peduli AIDS di Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana pada Jum’at(8/9/2023).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes, Joko Leksono Widodo, menjelaskan , kasus HIV dan AIDS pertama kali ditemukan dan terdata oleh Dinkes pada tahun 1996.

“Sehingga perlu adanya strategi dengan meningkatkan upaya penanggulangan HIV dan AIDS yang merata, terjangkau, bermutu, dan berkeadilan serta berbasis bukti, dengan mengutamakan pada upaya preventif, promotif, dan meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang merata dan bermutu dalam penanggulangan HIV dan AIDS.” jelas Joko.

Disamping itu perlunya memperkuat progam penanggulangan HIV dan AIDS di masyarakat desa.

Menurut  Ketua TIM HIV/AIDS dan IMS Dinkes Pati, Ninik Trisnawati Sukenti, telahmelakukan beberapa langkah untuk memperkuat progam penanggulangan HIV dan AIDS di masyarakat desa melalui sosialisasi Desa Peduli AIDS (DPA) dan Pembentukan Warga Peduli AIDS (WPA) di tingkat desa serta koordinasi sektoral tingkat kecamatan dan desa.

“Yang menjadi PR kita bersama adalah stigma yang masih tinggi terhada ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS). Peran masyarakat untuk selalu merangkul dan mengajak mereka untuk berobat. Dengan berobat, ODHA ini bisa menjadi seperti orang yang sehat. Dengan begitu akan membuat ODHA menjadi lebih terbuka dan pencegahan serta penanganan HIV/AIDS Kabupaten Pati menjadi lebih baik.” terang Ninik. (gt/ws/mr09)