Penanganan Stunting Itu Penting di Kabupaten Pati

Sabtu, 21 Okt 2023 | 09:25:22 WIB - Oleh Administrator


Percepatan penurunan stunting merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional yang juga menjadi prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Pati. Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat menghadiri acara Cegah Stunting di Gedung Korpri, Kabupaten Pati, Jumat (20/10).

Dalam sambutannya, PJ Bupati Pati mengatakan bahwa stunting merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat berdampak jangka panjang pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, penanganan stunting harus dilakukan secara serius dan terintegrasi.

"Dengan adanya kegiatan audit stunting ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi dan acuan terkait permasalahan penanganan dan pencegahan stunting yang ditemui di lapangan," tuturnya.

PJ Bupati Pati juga mengimbau kepada para KPM (Kader Pembangunan Manusia) untuk mengoptimalisasikan upaya-upaya nyata yang langsung menyasar kepada keluarga rawan stunting. KPM harus menjadi garda terdepan yang mampu berkoordinasi dan bermitra dengan elemen terkait dalam penanganan stunting.

"Upaya pemberdayaan dan pelibatan masyarakat perlu kita bangun bersama agar turut berpartisipasi aktif dalam penanggulangan stunting," tegasnya.

Henggar juga mengajak masyarakat untuk memahami bahwa mencegah stunting adalah hal penting untuk memberikan perlindungan dan jaminan masa depan anak bangsa.

Acara Cegah Stunting ini diikuti oleh para istri kepala desa untuk mendukung upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pati.

Cegah Stunting ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Pati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan stunting. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama dan sinergi antar elemen terkait dalam penanganan stunting. (po/AP)