Penanganan Pelayanan Kesehatan Paska Banjir

Senin, 18 Jul 2022 | 14:37:14 WIB - Oleh Administrator


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM, menyampaikan sekilas perkembangan penanganan pelayanan kesehatan paska banjir di beberapa wilayah Kabupaten Pati pada Sabtu (16/7/2022). Berbagai unsur kesehatan bergerak aktif dalam membantuk para korban banjir. Diantaranya  Puskesmas Pati II memberikan layanan kesehatan di beberapa tempat yang terdampak seperti di Desa Mulyoharjo, Kutoharjo dan Sidokerto. Sementara Puskesmas Pati I selain mengadakan layanan kesehatan juga mengadakan kegiatan berbagi nasi bungkus dan air mineral bagi warga yang terdampak banjir  di Kelurahan Pati Wetan, Parenggan,  Desa Kalidoro, Sidoharjo .

 Puskesmas Margoyoso I mendirikan dua Posko Kesehatan antara lain di Desa Bulumanis Kidul dan Tunjungrejo. Sedangkan para tenaga kesehatan dari RSUD Kayen, RS Fastabiq, Keluarga Sehat Hospital, RS As-Suyuthiyyah, RS Sebening Kasih, Rumah Sakit Islam, membantu mengadakan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut. Puskesmas Dukuhseti turut memberi bantuan logistik.

Selain itu beberapa Organisasi Profesi (OP) kesehatan seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Perkumpulan Promotor dan Pendidik kesehatan Masyarakat Indonesi (PPPKMI) serta organisasi lainnya tidak ketinggalan dalam memberikan bantuan logistik di wilayah tersebut. Demikian pula terdapat bantuan obat-obatan dan multivitamin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Semoga semua langkah tersebut dapat meringankan beban saudara kita yang terdampak akibat banjir.