Pemkab Serahkan Bantuan DBHCHT

Rabu, 30 Agu 2023 | 20:52:33 WIB - Oleh Administrator


Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahap 1 Tahun 2023, Selasa (29/8) di Ruang Penjawi Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.
Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Dinsos P3AKB, BPKAD, Direktur Bank Jateng, serta para penerima bantuan.
Pj Bupati Pati menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinsos P3AKB Kabupaten Pati beserta seluruh jajarannya atas fasilitasi sehingga terselenggara kegiatan ini.
Henggar juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk penyambutan DBHCHT tahap pertama di tahun 2023.
"Jadi tentunya, pada kesempatan ini nanti akan kita serahkan kepada Bapak-Ibu yang sekarang ini berkecimpung sebagai pekerja pabrik rokok dan juga ada beberapa dari petani tembakau," tutur Henggar.
Dalam kesempatan tersebut, Henggar menjelaskan bahwa penyerahan DBHCHT tahun lalu diserahkan hanya satu kali, namun kali ini akan diserahkan dua kali kepada 20 perwakilan dari buruh pabrik dan buruh tani.
"Prinsipnya inilah yang coba kita perbaiki, sehingga tahun lalu hanya sekali, namun tahun ini kita serahkan dua kali biar dapat segera dimanfaatkan," tegas Henggar.
Bantuan DBHCHT tersebut nantinya diserahkan secara non tunai dimana akan ditransfer melalui rekening virtual account penerima bantuan dengan batas waktu pencairan 30 hari, oleh Bank Jateng.
Pj Bupati berharap, melalui penyerahan bantuan kali ini dapat membantu meringankan beban para buruh tani tembakau dan pabrik rokok yang ada di Kabupaten Pati. (po/AP)