Kadinkes Instruksikan Puskesmas Buka Pelayanan Kesehatan Pada Wilayah Terdampak Banjir

Kamis, 14 Jul 2022 | 16:56:04 WIB - Oleh Administrator


Bencana banjir merendam beberapa wilayah di Kabupaten Pati, Kamis (14/7/2022) dini hari, termasuk juga Rumah Sakit RAA Soewondo. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM, mengunjungi penanganan paska banjir di RSUD RAA Soewondo Pati. Lumpur dan kotoran dari sisa banjir masih terlihat dalam proses pembersihan antara lain di Ruang Sakura, Ruang Tulip, Ruang Alat Kesehatan (Alkes), Ruang Hemodialisa I, Ruang Melati dan juga Ruang Direksi.

Menurut Direktur RSUD RAA Soewondo, dr. Edy Siswanto, MM, air mulai naik masuk ke ruangan tersebut sekitar pukul 03.00 WIB hingga setinggi 10-15 cm dari lantai. Para pasien pun segera dipindahkan ke ruang rawat inap (ranap) yang lain, sementara pasien Hemodialisa (HD) dilayani di Ruang Hemodialisa II dan Alkes segera diamankan.

Untuk itu menghadapi bencana banjir dibeberapa wilayah Kabupaten Pati, Aviani menginstruksikan agar Puskesmas segera membuka pelayanan kesehatan pada wilayah yang terdampak. Seperti contoh pada Puskesmas Pati I yang membuka Posko Kesehatan Banjir di Masjid Kalidoro dengan melayani para pengungsi dan masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Demikian pula pada berbagai wilayah lain terdampak banjir di Kabupaten Pati seperti di Margoyoso, Tayu, Trangkil, dan beberapa wilayah lainnya diharapkan bisa segera melayani masyarakat meskipun masih secara terbatas akibat banjir.

Diharapkan semoga banjir cepat usai sehingga pelayanan kesehatan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat.