Gandeng Dinporapar, SMA PGRI 1 Pati Tanamkan Nilai Kearifan Lokal

Jumat, 04 Nov 2022 | 11:10:03 WIB - Oleh Administrator


“Jika Local Genius masyarakat kita kuat, kita tak perlu khawatir akan masuknya unsur budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia.” Ucap Kabid Pemasaran Pariwisata Dinporapar Pati, Endah Murwaningrum saat memberikan materi dengan judul ‘Membangkitkan Local Genius Berbasis Nilai Kearifan Lokal” pada ratusan murid dan guru di Ruang  Multimedia SMA PGRI 1 Pati, Rabu 02/11/2022.

Kearifan Lokal yang telah diwariskan nenek moyang kita harus tetap terjaga. Dalam mensikapi masuknya budaya asing kita jangan langsung menerimanya, kita harus memfilter mana yang sesuai dengan budaya kita, baru bisa kita akulturasi dengan kearifan lokal yang kita punyai. Kemampuan memfilter budaya asing inilah yang dimaksud dengan Local Genius

Menghadapi Era globalisasi dimana kemajuan teknologi digital juga memberi efek negatif untuk generasi muda, harus dilandasi nilai etika dan spiritualitas yang baik agar tidak merusak moral dan budaya masyarakat yang ada di Indonesia.

Kepala SMA PGRI 1 Pati, Drs Suharto MSi sangat mengapresiasi seminar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dengan tema Kearifan Lokal Menelusuri Warisan Masa Lampau. Seminar ini sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka.

(em/ws/mr09)..