BBTKLPP Dan Dinkes Kerjasama Laksanakan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bersumber Air

Sabtu, 15 Jul 2023 | 22:35:40 WIB - Oleh Administrator


Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pati melaksanakan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bersumber Air melalui Sumber Air Minum Masyarakat pada hari Selasa-Kamis( 11-13/7/ 2023). Kegiatan dilaksanakan di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Batangan, Margorejo, Kayen, dan Margoyoso dengan sasaran kelompok pengguna air masyarakat non PAMSIMAS.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Pati, Etty Irianingrum, SKM, M.Kes, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko penyakit bersumber air melalui air minum masyarakat. Kegiatan surveilans berupa Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL), pengambilan sampel air, wawancara pada pengelola Pokmair (kelompok pemakai dan pencinta air bersih) serta wawancara pada konsumen/ pengguna sumber air masyarakat.

Sampel air yang diambil kemudian akan diuji oleh BBTKLPP Yogyakarta terhadap parameter mikrobiologi, kimia, dan fisik sesuai dengan Permenkes RI Nomor. 2 Tahun 2023.

Dengan kegiatan surveilans diharapkan setiap Pokmair dapat mengetahui kualitas air serta mampu menyusun rencana pengamanan air minum sehingga dapat menyediakan air minum masyarakat yang memenuhi syarat  kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit yang bersumber dari air. (ps/gt/ws/mr09)