EPSS Mengukur Capaian Kemajuan Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Senin, 28 Nov 2022 | 15:55:16 WIB - Oleh Administrator


Kegiatan Pelatihan Uji Coba Penilaian Mandiri Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) berlangusng di Ruang Rapat Lantai 2  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati pada Kamis (24/11/2022), diikuti oleh Diskominfo selaku Walidata, Bappeda selaku Koordinator Forum Satu Data dan Dinas Sosial P3AKB, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian selaku perwakilan dari Produsen data Kabuaten Pati, serta Tim Penilai Badan (TPB) BPS Kabupaten Pati selaku Pembina Data Statistik.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo. Ida Istiani meminta kepada BPS selaku Pembina Data Statistik untuk memberikan arahan terkait hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam rangka EPSS.

Sementara itu Kepala BPS Kabupaten Pati, Anang Sarwata, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Kabupaten yang penilaiannya akan membentuk suatu nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Pentingnya Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) telah diatur dalam Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2022 tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Untuk itu, dalam rangka penyempurnaan tata kelola EPSS, BPS akan melaksanakan ujicoba EPSS pada bulan November – Desember 2022. dan selanjutnya implementasi EPSS akan dilaksanakan mulai tahun 2023. (fr/ws/mr09).