Hadiri Peringatan HKG PKK, Pj Bupati Singgung Urgensi Peran Perempuan

Jumat, 27 Sep 2024 | 11:47:38 WIB - Oleh Administrator


Penjabat (Pj) Bupati Pati Sujarwanto Dwiatmoko bersama Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pati Monica Sujarwanto, Kamis (26/9), menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK di Pendopo Kabupaten Pati.

Turut hadir dalam peringatan HKG tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pati, Ketua Organisasi Wanita Kabupaten Pati, Ketua TP-PKK Kecamatan serta sejumlah perwakilan Kader PKK desa.

Pj Bupati Pati Sujarwanto Dwiatmoko dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi yang diberikan oleh segenap kader PKK Kabupaten Pati, yang terus mengabdi bagi masyarakat sekaligus berperan sebagai mitra kerja yang mendukung berbagai kebijakan Pemerintah Daerah.

Menurutnya, berbagai program dan kegiatan yang secara aktif dilaksanakan selama ini telah membuktikan bahwa TP PKK Kabupaten Pati memiliki keinginan kuat untuk terus maju dan berperan aktif dalam menjalankan segenap programnya.

"Hari ini merupakan momen yang sangat penting, dimana kita bersama-sama memperingati perjalanan panjang 52 tahun Gerakan PKK. Gerakan yang lahir dari, oleh, dan untuk masyarakat, dimana melalui 10 program pokoknya, PKK telah memberikan kontribusi nyata sebagai motor penggerak dalam membangun keluarga yang sejahtera, sehat, dan berkualitas", ujar Sujarwanto.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengingatkan kembali urgensi peran kaum perempuan sebagai tiang negara.

Menurutnya, apabila perempuan mampu berperan dengan baik maka kuat pulalah sebuah negara, sebaliknya lemahnya peranan perempuan akan berpengaruh terhadap rapuhnya negara.

"Untuk itu saya berharap PKK dapat menjadi wadah peningkatan kontribusi perempuan dalam pembangunan di berbagai sektor kehidupan", tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan trophy dan piagam kepada para pemenang lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten, yang dilaksanakan di gedung PKK beberapa waktu yang lalu.

Selain itu juga diserahkan bantuan modal usaha kepada warga binaan kader PKK di 21 Kecamatan di Pati.

Sementara itu Pj TP-PKK Kabupaten Pati Monica Sujarwanto menjelaskan bahwa gerakan PKK merupakan gerakan nasional dalam membangun masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat.

Hal ini dinilai sejalan dengan Permendagri nomor 36 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan presiden nomor 99 tahun 2017, tentang gerakan PKK sebagai mitra pemerintah.

"Tentu melalui sinergi dengan pemerintah, PKK dapat mendukung program-program Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga ke tingkat keluarga", paparnya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan keterlibatan Tim Penggerak PKK, program-program pemerintah di tingkat daerah dapat lebih terpadu dan efektif.

"Selain itu kader PKK juga memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah, termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila" tuturnya.

Puncak peringatan HKG PKK ini kemudian secara seremonial ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Pati yang kemudian tumpengnya diserahkan kepada Pj Bupati Pati. (fn5 /FN)