FPD Diskominfo Selaraskan Program Dan Kegiatan Perangkat Daerah

Rabu, 27 Mar 2024 | 12:35:17 WIB - Oleh Administrator


Bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas Pembangunan daerah , pada Selasa ( 26/3/2024) berlangsung Forum Perangkat Daerah (FPD) Diskominfo Kabupaten Pati di Ruang Pragola Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.

Kepala Diskominfo, Ratri Wijayanto, menyatakan saat ini posisi perangkat daerah memiliki banyak keterbatasan khususnya  di aspek anggaran atau pendanaan , sehingga keinginan untuk mencapai kinerja harus didukung dari para stake holder.

“Tujuan FPD ada empat point , yang paling utama adalah menyelaraskan program dan kegiatan Diskominfo “ jelas Ratri.

Menyinggung capaian kinerja, dijelaskan pelayanan diskominfo merujuk ke Renstra 2023-2024 ada 9 aspek , seperti untuk indeks SPBE 2023 mencapai 3,74. Selain itu SPBE merupakan sebuah kewajiban yang tidak bisa dipisahkan dengan reformasi birokrasi.

Tentang penyebarluasan data sektoral, sampai saat ini diskominfo selaku walidata telah melaksanakan koordinasi dengan BPS termasuk dengan para perangkat daerah.

“ Harapanya integrasi satu data bisa terwujud dengan aspek geospasialnya.” paparnya.

Dalam hal keamanan informasi masih ada di level 2, tentunya ini dirasa kurang , isyu kedepan keamanan informasi sangat penting, Pada tahun  kemarin ada tujuh insiden di website perangkat daerah  dan ini sudah diatasi.

Senada dengan itu,  Perencana Ahli Madya, Abdul Halim Badan Perencanan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah menyampaikan tujuan utama Forum ini diantaranya adalah menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan musrenbang, mempertajam indikator target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah.