Resmi Dibuka, 930 Peserta Ramaikan Lomba MTQ Tingkat Jateng

Jumat, 26 Apr 2024 | 08:53:32 WIB - Oleh Administrator


PATI - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno resmi membuka lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXX tingkat Jawa Tengah di di Alun-alun Kabupaten Pati, Kamis, 25 April 2024 malam. 

Perhelatan yang mempertandingkan 8 cabang dan 24 golongan ini, juga sebagai sarana penjaringan kafilah yang akan mewakili Provinsi Jateng di MTQ tingkat nasional. 

"Selain kompetisi dalam mencapai prestasi, yang terpenting adalah masyarakat muslim yang ada di Jateng mencintai Al-Qur'an, sehingga mau membaca, mau mempelajari, dan mau menjalankan nilai-nilai yang ada di Al-Qur'an," kata Sumarno di sela pembukaan.

Dengan dilaksanakannya ajang ini lebih awal, harapannya mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan ke MTQ nasional. 

Sumarno  meminta kepada seluruh peserta MTQ terus semangat dan optimistis dapat metaih prestasi. Dengan begitu, mampu mengharumkan Jateng di kancah nasional maupun internasional.

Asisten 1 Setda Pemprov Jateng, Ema Rachmawati menjelaskan, MTQ menjadi program bidang agama di Provinsi Jateng. Acara ini dihelat pada 25-29 April 2024.  Pelaksanaannya sengaja digelar lebih awal agar Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) mempunyai waktu lebih lama dalam pembinaan para pemenangnya untuk berlaga di tingkat nasional. 

"Mungkin nanti kita akan mencari pondok pesantren untuk para kafilah. Mereka akan dipondokkan paling tidak seminggu, terutama untuk lomba-lomba yang pokok seperti tilafah, hafalan Al-Qur'an, dan sebagainya," terang Ema. 

Dalam ajang ini, pendaftaran dan penetapan peserta menggunakan aplikasi dan sistem yang mendekati sama dengan yang dipakai MTQ nasional. Sehingga peserta yang akan mewakili Jateng tidak merasa canggung dan kaget menghadapi MYQ nasional. (*)