Wabup : Pembangunan Sumber Air Bersih dari IDI Sangat Membantu Warga

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:09:39 WIB - Oleh Administrator


Beberapa masyarakat di wilayah Pati Utara biasanya butuh 10 atau 20 meter saja untuk membuat sumur bor dan mendapatkan air bersih. Namun tidak demikian halnya dengan di sini. Sukolilo dan sekitarnya, , masih belum bisa dengan kedalaman tersebut. Karena itu, bantuan pembangunan sumber air bersih dari Ikatan Dokter Indonesia ini tentu akan sangat membantu warga.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin pada saat pembukaan Pelaksanan Hari Bhakti Dokter Indonesia (HBDI) ke 114 di Desa Sumbersoko Kecamatan Sukolilo pada Jum’at ( 20/5/2022) sekaligus secara simbolis menyerahkan bantuan berupa pembangunan sumber air bersih dan jamban sehat.

“Tentunya ini bisa bermanfaat buat masyarakat desa sekitar sini dan tentunya ini hal yang sangat mendasar. Kalau dilihat di sini, air adalah sumber kehidupan dan tentunya sangat dibutuhkan terutama ya di Desa Sumbersoko ini”, tandas Wabup.

Pada kesempatan tersebut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pati, DR,dr.Cahyono Hadi, SpOG, menjelaskan, bahwa kegiatan ini untuk memperingati HBDI ke 114 dengan mengambil thema Berbakti Untuk Negeri dan Mengabdi Untuk Rakyat.

“Dengan adanya sumur air bersih dan jamban sehat, prinsipnya bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat dengan cara promotif dan preventif. Sehingga apabila promotif dan preventif bisa dilakukan dengan baik akan bisa mengurangi pengobatan orang yang sakit” jelasnya.

Selain itu kegiatan yang diselenggarakan adalah donor darah, webinar yang diselenggarakan secara paralel pada masing-masing cabang IDI melalui dialog interaktif “IDI REBORN” secara hybrid.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM, mendukung dan mengucapkan terima kasih kegiatan tersebut karena dapat meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) khususnya dalam pemakaian sumber air minum yang bersih dan pemakaian jamban keluarga. Harapanya semoga IDI ke depan lebih bisa melayani rakyat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Pati dengan lebih baik dan membumi.