Tutup Bimbingan Manasik Haji, Pj Bupati Ingatkan Jemaah Jaga Kesehatan

Senin, 29 Apr 2024 | 09:21:24 WIB - Oleh Administrator


Bertempat di Lapangan Alugoro Pati, Penjabat Bupati Pati, Minggu (28/4), menghadiri penutupan bimbingan manasik haji. Turut hadir pula dalam acara tersebut, Kepala Kemenag Kabupaten Pati, dan para calon jemaah haji yang mengikuti penutupan bimbingan manasik haji.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini terdapat calon jemaah haji ini yang terbagi menjadi kloter 76, 77, 78, 79, dan 80.

"InsyaAllah untuk kloter 76 gabungan dengan Kabupaten Jepara, kemudian untuk kloter 77-79 utuh dari Kabupaten Pati, sedangkan kloter 80 gabungan dengan Kabupaten Rembang", ujarnya.

Henggar pun berharap agar bimbingan manasik haji yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pemahaman para calon jemaah terkait rukun dan sunnah pelaksanaan ibadah haji, sehingga nantinya dapat memudahkan semua dalam melaksanakan ibadah. 

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Pati atas nama Pemerintah Kabupaten Pati mengucapkan banyak terima kasih.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan para pembimbing manasik, sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan sukses", ucapnya.

Tak lupa ia berpesan kepada calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan stamina. Pj Bupati menerangkan, seluruh kebutuhan dan kesehatan para jemaah haji sangat menjadi perhatian khusus bagi seluruh panitia. Sebab, Pj Bupati tidak ingin ada jemaah yang mengalami sakit saat keberangkatan hingga pulang ke tanah air.

"Saya juga berpesan agar para calon jamaah senantiasa menjaga dan mempersiapkan kondisi kesehatan karena pelaksanaan ibadah haji butuh kekuatan fisik", tambahnya. 

Di akhir sambutannya ia berpesan kepada calon jemaah haji untuk memperbanyak doa baik sebelum perjalanan maupun saat pelaksanaan ibadah haji.

"Saya turut mendo’akan mudah-mudahan Allah SWT memberikan kesehatan, kelancaran dan keselamatan dalam proses ibadah haji hingga kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur", ujarnya.

Sementara itu menurut Kepala Kantor Kemenag Pati Ahmad Syaikh, mengatakan bahwa jumlah jemaah yang melakukan pelunasan sebanyak 1632 jemaah dan jumlah jemaah haji yang berangkat tahun ini sejumlah 1626 jemaah. (fn /AP)