Pentingnya Peran Kontributor Berita Bagi Publikasi Pemerintah.

Kamis, 14 Sep 2023 | 10:04:05 WIB - Oleh Administrator


Bimbingan Teknis bagi para kontributor berita Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pati berlangsung di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika  (Diksominfo) pada Rabu (13/9/2023).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Pubik Diskominfo, Ida Istiani menjelaskan, salah satu tugas dari Diskominfo adalah di bidang publikasi  menyampaikan hasil-hasil program pemerintah.

Adanya keterbatasan didiskominfo, peran para kontributor sangat penting untuk meningkatkan pemahaman program pemerintah kepada masyarakat.

"Hasil yang ingin dicapai dari Bimtek ini dengan para kontributor yaitu terwujudnya penyebarluasan informasi dan publikasi, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang program dan kegiatan Pemda, terselenggaranya hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan, mempunyai nilai tambah bagi pembangunan daerah, terciptanya kesamaan pemahaman dalam penyelenggaraan hubungan media, dan terciptanya citra atau image positif Pemda di masyarakat", jelasnya.

Sementra itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati, Moch. Noor Efendi memaparkan di era digitalisasi ini perlu adanya penyesuaian dalam penyampaian informasi, tidak ada lembaga pemerintah yang tidak mempunyai media sosial. Hal ini penting media karena pemerintah merupakan lembaga resmi yang menjadi rujukan.

Di Era digitalisasi ini, tambah Efendi, merupakan hal yang penting . data bukan hanya angka saja, tapi soal tekhnis yang disampaikan ke publik harus ada takaranya, layak atau tidak disampaikan ke masyarakat. Informasi harus ada nilai obyektifitasnya, akual,faktual dan kekinian. (ws/mr09).