Diskominfo Sosialisasikan TV Digital pada PPF 2022

Sabtu, 06 Agu 2022 | 23:12:42 WIB - Oleh Administrator


Dengan mengusung tema “Bangkit Dari Pandemi” Pragola Pati Festival (PPF) 2022  digelar pada 5 sampai 7 Agustus 2022 di Plaza Pragola dan diikuti sebanyak 77 stand dan diresmikan oleh Bupati Pati, Haryanto

Tak ketinggalan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati juga berpartisipasi pada event tersebut dengan menampilkan atau mensosialisasikan ASO (Analog Switch Off), literasi digital, pelayanan dan aduan pelayanan informasi publik.

Seperti diketahui ASO adalah Analog Switch Off yaitu program pemerintah pusat melalui Kemenkominfo  tentang proses pemindahan dari televisi analog ke televisi digital. Dengan adanya TV digital akan memberikan layanan lebih unggul ,. kapasitas gambar yang tajam , suara yang jernih , dan opsi program yang lebih banyak.

Kepala Diskominfo, Ratri Wijayanto di sela-sela kunjungannya ke stand pameran mengingatkan masyarakat agar tidak perlu kuatir dengan pengalihan layanan siaran ini.

“Jangan kuatir bagi masyarakat yang masih memiliki TV analog masih bisa melihat tayangan TV digital dengan menambahkan alat penangkap sinyal yang dinamakan STB ( Set Top Box ) yang bisa didapatkan di toko -toko elektronik terdekat. Tetapi tetap harus menggunakan antena dalam menangkap siaran digital” , jelas Ratri.

“Tetapi apabila dirumah sudah menggunakan smart televisi / televisi digital maka masyarakat tidak perlu menggunakan STB “, ujar Ratri lebih lanjut.

Tentang Literasi Digital, Diskominfo mengajak masyarakat agar melek dan cakap digital , masyarakat mempunyai kemampuan untuk memahami informasi dari perangkat teknologi ( digital ) yang berbasis internet serta memanfaatkannya secara cerdas, sehat,  bijak dan patuh hukum . Dengan memanfaatkan secara bijak tentunya kemampuan masyarakat menjadi meningkat. Terlebih dalam menerima berbagai informasi khususnya dari media sosial.

 Sedangkan mengenai pelayanan dan aduan pelayanan informasi publik, bisa disampaikan lewat kanal yang ada  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten  , SP4N LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ), Lapor Gub! dan Teras Aduan.(MR09).

Di stand Diskominfo disediakan 3 (tiga ) STB gratis bagi pengunjung yang beruntung dengan cara diundi dan mengisi buku tamu dengan cara scan barcode dan mengisi nama alamat nomer hape yang dipergunakan.(MR09).