Diharapkan Upaya Pencegahan DBD Dengan Melakukan PSN

Rabu, 05 Apr 2023 | 10:03:06 WIB - Oleh Administrator


Menindaklanjuti adanya enam kasus demam berdarah pada bulan Maret 2023 yang terjadi di Desa Tambaharjo dan Mulyoharjo. Tim Demam Berdarah  (DBD) Dinas Kesehatan berkoordinasi dengan Pemegang Program DBD Puskesmas Pati 2 melaksanakan PE (Penyelidikan Epidemiologi ) di lokasi pada Senin (3/4/2023).

Disampng melaksanakan PE, juga mengajak warga  melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara serentak.

Seperti diketahui, wabah DBD biasanya akan mulai meningkat saat pertengahan musim hujan, hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk karena meningkatnya curah hujan.

Pemegang Program DBD Dinkes Pati, Syamsul Ma'arif, merespon laporan kasus DBD setempat dengan melaksanakan fogging untuk mengendalikan penyebarannya. Pelaksanaan fogging ini karena memang sudah memenuhi syarat yaitu antara lain adanya penelusuran terdapat penularan di wilayah tersebut.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pati,. Joko Leksono Widodo, , yang diwakili oleh Ketua Tim Penyakit Arbovirosis  Dan Zoonosis (DBD, Malaria, Leptospirosis, GHPR) Dinkes Pati, Riza Triasfitri, , menekankan bahwa pencegahan penularan DBD tidak difokuskan dengan fogging. Fogging hanya dilakukan jika sudah memenuhi syarat.

Masyarakat diharapkan mengutamakan upaya pencegahan DBD dengan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) 3M Plus, Menguras dan menyikat tempat yang sering menjadi penampungan air,  Menutup rapat tempat-tempat penampungan air, Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang).

Sedang yang dimaksud Plusnya, adalah bentuk upaya pencegahan tambahan diantaranya, Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, Menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi,  gotong royong membersihkan lingkungan, periksa tempat-tempat penampungan air,  meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancer dan Menanam tanaman pengusir nyamuk. (gst/ws/mr09).