BUPATI SERAHKAN SURAT KETERANGAN HASIL LAB NEGATIF PADA OTG

Selasa, 05 Mei 2020 | 11:18:10 WIB - Oleh Administrator


11 OTG (Orang Tanpa Gejala) yang sebelumnya menjalani karantina di Hotel Safin pada Senin (4/5) dilepas diizinkan pulang ke rumah masing-masing oleh Bupati Pati Haryanto, bersama Wakil Bupati Saiful Arifin dan Kepala Dinas Kesehatan.

Bupati menjelaskan, Sebelumnya mereka menjalani rapid test dengan hasil positif. Namun setelah dikarantina dan menjalani tes swab, hasilnya dinyatakan negatif atau bersih dari virus corona, sehingga tidak perlu menjalani perawatan di rumah sakit.

Ditegaskan oleh bupati, bila hasil rapid test menunjukkan hasil positif, maka belum tentu hasil swab-nya positif pula. Sehingga, Pemkab menunggu hasil swab positif untuk mempertegas diagnosa. 

"Jadi janganlah kita menjustifikasi kalau sudah dilakukan rapid bisa dikatakan covid. Tetapi kalau hasil laboratoriumnya melalui tes swab positif, berarti memang tertular covid- 19 ", jelas bupati.
Untuk itu, bupati menyerahkan surat keterangan hasil laboratorium kepada ke 11 orang tersebut, yang menyatakan hasilnya negatif covid 19 dan diperbolehkan pulang. 

Kepada Saiful Arifin selaku pemilik dan manajemen Hotel Safin, Bupati Haryanto menyampaikan ucapan terima kasih karena telah membantu Pemkab Pati dalam penanganan Covid-19. 

" Pemerintah daerah bisa menyediakan tempat karantina mandiri, namun untuk membuat tempat karatina akan membutuhkan biaya yang lebih besar," ucapnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Saiful Arifin bersyukur atas hasil laboratorium 11 OTG yang menjalani karantina mandiri di Hotel Safin. 

" Proses ini cukup panjang dan saya berharap menjadi berita yang baik untuk penanganan covid-19 di Kabupaten Pati, dan semoga tidak ada lagi yang positif ", harapnya.

Wakil Bupati juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Pati sangat serius dalam menangani covid 19 dan mengajak masyarakat untuk mencari- cari asal usul pasien terpapar. Safin menjelaskan  setiap pasien memiliki riwayatnya sendiri.

Untuk itu ia meminta masyarakat menaati anjuran pemerintah untuk tidak bepergian, apalagi keluar daerah yang tertular covid. " Pengalaman yang cukup diceritakan kepada saudara tetangganya bahwa saat ini jangan mudik jangan ke mana-mana dulu," ajaknya.

Wabup juga mengingatkan bahwa covid-19 menjadi perang bersama.  Maka kepada masyarakat agar selalu mengikuti apa yang sudah dihimbau oleh pemerintah. 

" Selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, melakukan kegiatan-kegiatan yang baik dan tetap stay di rumah tentunya," harap wabup.