Bupati Buka Orientasi dan Bimbingan Calon Jamaah Haji Tahun 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 09:55:53 WIB - Oleh Administrator


 

Setelah sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19, akhirnya calon Jemaah haji dapat berangkat tahun ini. “Mudah-mudahan pandemi Covid-19 semakin melandai. Apalagi Pak Presiden juga sudah memberikan kelonggaran. Kalau di ruang terbuka boleh buka masker. Mulane niki kulo wani buka masker niki. Biasane mboten wani buka masker", kata bupati pada pembukaan Orientasi dan Bimbingan Manasik Jamaah Haji Kabupaten Pati Tahun 1443 H /2022 M di Pendopo Kabupaten Pati pada Rabu ( 18/5/2022).

Bupati juga menjelaskan, selama menjabat sudah memberangkatkan calon Jemaah haji belum pernah mendapat kloter kecil. Rata-rata kloternya antara 59 dan 60 lebih.

Harapan Bupati, kondisi kesehatan calon jemaah haji dijaga baik mulai saat persiapan hingga nanti sepulangnya dari tanah suci. Sebab itu merupakan hal terpenting guna menunjang aktifitas pada saat melaksanakan ibadah haji nantinya.

“Yang penting adalah kita diberi sehat. Karena ibadah ini tidak hanya ibadah ritualnya saja, tapi ibadah fisik. Karena kita kesana kemari towaf dan lain-lain itu membutuhkan waktu. Mudah-mudahan nanti maktabnya tidak terlalu jauh. Oleh karena itu kita membutuhkan fisik yang kuat”, terangnya.

Kabag Kesra Setda Pati, Abdul Kharis mengatakan, jumlah jamaah haji di tahun 2020 yang sempat tertunda sejumlah 1295. Sedangkan yang dipanggil masuk kuota pada tahun 2022 sejumlah 727 dan yang sudah registrasi ulang hingga terakhir 17 Mei sejumlah 693.

Meski sampai saat ini belum ada kepastian jadwal kloter,  draf sementara Kabupaten Pati masuk kloter SOC 1 dan 2 yang akan masuk asrama haji pada tanggal 3 Juni 2022.