JUMAT PERTAMA AWAL BULAN, PAKAIAN ADAT PATI DIKENAKAN

Sabtu, 05 Okt 2019 | 08:44:39 WIB - Oleh Administrator


Pemandangan berbeda tampak saat apel pagi di halaman setda Jumat pertama awal bulan Oktober pagi ini. Sejumlah pejabat struktural nampak terlihat gagah dan cantik saat mengenakan pakaian adat Pati saat apel pagi ini. Ternyata ini adalah tindak lanjut peraturan bupati no 54 tahun 2019 tentang penggunaan pakaian adat Pati.

Sudiyono selaku asisten pemerintahan saat diwawancarai tim Humas Setda Pati mengatakan bahwa sesuai perbub no 54 tahun 2019 ini dan instruksi dari gubernur jawa tengah bahwa kita harus memakai pakaian adat Jawa setiap sebulan sekali di Jumat Minggu pertama. Dan hari ini adalah hari pertama kabupaten Pati melaksanakan perbub itu dan bisa kita lihat tadi sudah melaksanakan apel dengan menggunakan adat kabupaten Pati. Dan ditindaklanjuti untuk hari ini adalah untuk pejabat struktural dan bulan depan untuk semua staf maupun pejabat juga memakainya. Dan InsyaAllah di tahun 2020 nanti bisa di terapkan di lembaga BUMD, instansi vertikal, dan perbankan.

Terkait dengan UMKM, Sudiyono menuturkan tentu saja karena pakaian ini identik batik khas Pati dan dengan adanya perbub ini mau tidak mau semua pegawai, karyawan akan memakai pakaian adat. Dan dengan banyaknya pembeli tentu saja dapat membangkitkan usaha UMKM batik dan aksesoris nya di kabupaten Pati.