Sosialisasi Kanal Aduan Lapor Pak Dewo, Wujud Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat
Pengelola aduan Pemerintah Kabupaten Pati berusaha mengkoordinir kanal aduan secara terpadu dan terintegrasi melalui program kanal aduan LAPOR PAK DEWO. Oleh karena itu, untuk mencapai misi dan visi good government melalui aplikasi satu pintu, Diskominfo Kabupaten Pati mengadakan sosialisasi kanal aduan Lapor pak Dewo, Kamis (17/07) di aula Kantor Diskominfo.
Dibuka oleh Kepala Diskominfo, Sugiyono mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat Kabupaten Pati mempunyai saluran untuk menyampaikan aduan, aspirasi, saran, keluhan dan kritik membangun demi kualitas layanan publik, partisipasi aktif secara cepat tepat tuntas dan terkoordinir, serta pembangunan yang lebih baik di Kabupaten Pati.
Lapor Pak Dewo merupakan perkembangan dari Teras Aduan yang pada waktu itu untuk melengkapi Mall Pelayanan Publik, kemudian berkembang menjadi LaporBup Pati dan kemudian berkembang lagi menjadi Lapor Pak Dewo pada era pemerintahan yang sekarang.
Keunggulan Lapor Pak Dewo ini adalah merupakan aplikasi yang mudah di akses untuk masyarakat yang ingin menyalurkan aduannya. Setiap aduan akan disampaikan kepada OPD yang bersangkutan secara cepat, tepat, dan efektif. Sehingga komunikasi antara masyarakat dapat efektif dan efisien.
Adapun dari pelapor memasukkan nama, NIK, Nomor Whatsapp, laporan, lokasi laporan dan foto / video untuk mendukung data.
Lapor Pak Dewo berkomitmen membangun pemerintahan yang melayani rakyat dan mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan peluncuran aplikasi ini pemerintah Kabupaten Pati berharap membangun budaya keterbukaan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.