Untuk Data yang Tertata Kelola, Pati Komitmen Wujudkan Satu Data Indonesia

Jumat, 22 Okt 2021 | 14:17:23 WIB - Oleh Administrator


Kalau mau disebut sebagai  negara modern, data harus tertata. Satu data Indonesia sebagai cita-cita kita semoga bisa segera terwujud, yang terpenting kita harus segera action, belum sempurna tidak apa-apa, sedikit demi sedikit kita perbaiki bersama. Diskominfo sendiri selama ini juga mempunyai Gagenda (Gampang Golek Informasi dan Data) yang merupakan suatu aplikasi andalan pengelolaan data statistik sektoral Kabupaten Pati. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Diskominfo Pati, Indriyanto pada Hari Jumat, tanggal 22 Oktober 2021.

Kepala BPS Pati, Anang Sarwoto menambahkan bahwa Satu Data Indonesia yang sesuai Perpres Nomor 39 Tahun 2019 memang cukup kompleks, tapi optimis bertahap kita action bersama. Data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus dilengkapi dengan Metadata, yang informasinya mengikuti struktur yang baku dan format yang baku merujuk pada bagian informasi tentang Data yang harus dicakup dalam Metadata, dan merujuk pada spesifikasi atau standar teknis dari Metadata. Juga merujuk NSPK (Norma, Standar, Prosedur, Kriteria).

Hadir dalam rapat koordinasi selain dari Kominfo dan BPS, juga hadir dari Bappeda, DPU, Bagian Tata Pemerintahan dan Bagian Organisasi Setda Pati. Semua pihak satu bahasa untuk mendukung segera terlaksanakannya Satu Data Indonesia dan berencana untuk melaksanakan penandatanganan komitmen bersama seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Pati.