TAK MUDAH RAIH LIMA OPINI WTP

Selasa, 13 Okt 2020 | 12:01:50 WIB - Oleh Administrator


Kementerian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Pati atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pada Senin(12/10/2020) di Ruang Pringgitan Setda Kabupaten Pati. Tahun ini Kabupaten Pati menerima penghargaan atas opini WTP ini lima kali berturut-turut.

Plt. Kepala KPPN, Sumarjaka,  mengatakan Menteri Keuangan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pati terkait hasil pemeriksaan laporan pengelolaan keuangan yang tidak adanya catatan apapun dari BPK sehingga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dijelaskan oleh Sumarjaka, tidak mudah bagi daerah untuk mendapatkan opini WTP. Ia mencontohkan ada daerah yang berhasil mengelola keuangan, namun untuk pengelolaan aset milik negara tidaklah mudah. Untuk itu peraih opini WTP adalah pemerintah daerah yang bisa mengelola keuangan dan aset daerah.

Butuh perjuangan keras untuk meraih opini WTP. karena penghargaan dari Kementerian Keuangan hanya diberikan pada daerah yang bisa mencapai prestasi ini lima tahun berturut-turut.

"Kalau Jawa Tengah semuanya sudah mendapatkan opini WTP, namun tidak semua daerah berhasil mempertahankan 5 tahun berturut-turut, apalagi 10 tahun" jelas Sumarjaka.

Sementara itu Bupati Pati, Haryanto, mengatakan, ada dua penghargaan yang diberikan, pertama adalah capaian opini WTP untuk tahun 2019 yang kedua adalah penghargaan karena berhasil mencapai WTP 5 kali berturut-turut. Menurut Bupati, ini salah satu prestasi untuk pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Pati.

Menurut Bupati, capaian tersebut adalah hal yang luar biasa. Pengelolaan keuangan dan aset daerah tidaklah mudah, sehingga hasil Opini WTP yang diperoleh sejak tahun 2015 sampai tahun 2019 merupakan sebuah prestasi  untuk Kabupaten Pati.

Harapan Bupati, perolehan opini WTP bisa diperoleh tuntas hingga akhir masa jabatan. Ia menyebutkan menjadi prestasi tersendiri jika kepala daerah bisa menyajikan pengelolaan keuangan dengan opini WTP.

"Dulu bertahun-tahun kita mendapatkan opini WTP sulit sekali. Tetapi Alhamdulillah sekarang kita bisa mengimbangi daerah lain," terang bupati.

Ditambahkannya, prestasi ini juga berkat dukungan dari Wakil Bupati, Sekda, Kepala BPKAD dan inspektur daerah serta Plt Kepala KPPN Pati yang telah memberikan semangat kepada teman-teman di SKPD .

Untuk itu bupati mengingatkan  Inspektorat agar bisa tetap mempertahankan Opini WTP ini dan Kabupaten Pati bisa mengelola anggaran APBD dengan baik, aset dengan baik dan akhirnya bisa bermanfaat untuk masyarakat.