Survei Status Gizi Indonesia di Kabupaten Pati

Jumat, 16 Sep 2022 | 15:15:34 WIB - Oleh Administrator


Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Pati melakukan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 terhadap sejumlah balita di beberapa wilayah Kabupaten Pati. Tujuan dari kegiatan survei tersebut adalah untuk mengetahui status gizi Balita dan determinannya khususnya di wilayah Kabupaten Pati yang hasilnya digunakan sebagai data nasional dan rekomendasi kebijakan dari tingkat nasional, provinsi dan kabupaten atau kota. Di Kabupaten Pati terdapat 67 blok sensus dan tersebar di 21 Kecamatan.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM,  pada Rabu (14/9/2022) saat kegiatan survey di Desa Ngemplak Kidul dan Desa Pohijo Kecamatan Margoyoso saat bersama tim turun ke lapangan melakukan pendampingan Puldat (pengumpulan data) yang dilaksanakan enumerator.

Untuk Desa Pohijo, setiap harinya terdapat 1 blok sensus ada 10 rumah tangga untuk dilakukan pendataan. Selain itu juga dilakukan koordinasi dengan Kepala Desa setempat untuk lebih bisa menggali data yang valid dan bisa memberi gambaran status gizi balita di Kabupaten Pati.

Kegiatan Puldat yang dilaksanakan meliputi: pengukuran panjang / tinggi badan, berat badan, LILA dan wawancara. Sebelumnya telah ada perekrutan tim enumerator yang berlatar ahli gizi dan telah dilakukan uji kompetensi dalam hal memantau pertumbuhan balita.

Kepala Dinkes Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM, , berharap data yang dikumpulkan valid dan akan ada tindak lanjut intervensi baik spesifik maupun sensitive yang efektif dan efisien sehingga prevalensi stunting khususnya di Kabupaten Pati bisa diturunkan secara signifikan. (gt/MR09/ws).