Perlu Sinergitas Hadapi Bencana

Rabu, 24 Nov 2021 | 20:52:06 WIB - Oleh Administrator


Mengantisipasi terjadinya bencana, dihalaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati pada Rabu (24/11/2021) digelar Apel Siaga Bencana .  Karena di bulan November ini sudah mulai memasuki musim hujan yang memungkinkan terjadinya beberapa bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung.

Apel siaga ini melibatkan berbagai unsur dari Kodim, Polres, BPBD, Satpol PP, Taruna Siaga Bencana (Tagana), PMI, SAR, Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) dan Para Relawan.

 “Jadi kami apelkan, TNI, Polri, Tagana, Relawan, PMI serta segala unsur yang ada, termasuk sarana prasarana yang dimiliki. Karena bencana alam itu hadir tanpa memberitahu sehingga ketika kita sudah siap dari sisi personil maupun alat yang kita miliki akan memperingan dan mempermudah,” terang Bupati Pati, Haryanto pada kesempatan tersebut.

Untuk itu bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bersinergi untuk menghadapi bencana dan kepada Relawan yang berkontribusi dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Pati.

Selain itu, menurut bupati, dengan adanya sinergitas akan lebih mudah mengetahui tempat-tempat yang akan terdampak bencana dalam upaya penanggulangannya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Pati, Aviani Tritanti Venusia, mengungkapkan, “Dalam hal ini yang utama adalah kesiapsiagaan personil di Puskesmas, meskipun masih disibukkan dengan kegiatan vaksinasi. Terutama di wilayah kerjanya yang sering terjadi bencana alam. Diharapkan untuk checking kecukupan obat-obatan dan sarana prasarana kebencanaan” . Disamping itu memperkuat koordinasi antara Puskesmas dengan Dinas Kesehatan  serta kesiapan Si Garda untuk membantu jika diperlukan.