Perlu Sinergi Untuk Mencegah Kekerasan Terdahap Perempuan

Selasa, 06 Des 2022 | 11:48:40 WIB - Oleh Administrator


Mengusung tema Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DinsosP3AKB) pada Senin (5/12/2022) menyelenggarakan Seminar Peringatan Hari Ibu(PHI) di Ruang Pragola Setda Kabupaten Pati.

Kepala Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Pati, Windartono, mengungkapkan, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan terhadap perempuan, salah satunya adalah faktor budaya yang masih menempatkan perempuan lebih rendah posisinya daripada laki-laki.  Juga acap kali malu dan takut atas kekerasan yang dialaminya, dan belum mengetahui harus melapor kemana.

Untuk itu lanjutnya, perlindungan yang menyeluruh dan sistematis bagi perempuan perlu diwujudkan, karena perempuan berdaya dan terlindungi merupakan modal bangsa untuk menjadi Negara yang maju.

Maka perlu sinergi dan kerjasama dari berbagai pihak terutama perempuan sendiri harus berani untuk bersuara untuk mencegah kekerasan yang terjadi.

Senada dengan itu, Dr Yuniarsih Zakia, SpOG, M.Kes.pemateri dari Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati, mendorong peningkatan pengetahuan dan wawasan tentang ssstem perlindungan perempuan terhadap tindak kekerasan yang ada baik di tingkat nasional, daerah maupun komunitas.

Dan sesuai tujuan PHI, yaitu mendorong kesadaran perempuan untuk tidak serta merta menerima segala bentuk kekerasan yang dialaminya.

Peserta dari Seminar ini, Ketua Tim Penggerak PKK, Forkom Puspa Berani, CSR dan Pelaku UMKM. (Rio/ws/mr09).