PENANAMAN POHON DEMI JAGA KELESTARIAN HUTAN

Sabtu, 07 Nov 2020 | 16:19:26 WIB - Oleh Administrator


Upaya Pemerintah Kabupaten Pati dalam menggerakkan masyarakat agar peduli dengan lingkungan. dilakukan karena keprihatinan terhadap bencana banjir yang disebabkan oleh kondisi hutan yang gundul. Keadaan hutan yang seperti ini merupakan akibat dari penebangan pohon dan tidak ada usaha untuk reboisasi setelahnya. Untuk itu,  Bupati Pati, Haryanto mengajak masyarakat Kayen melakukan penanaman pohon bersama demi menjaga kelestarian hutan Pegunungan Kendeng, di Wisata Bukit Pandang Kecamatan Kayen.

Hal ini disampaikan bupati pada acara Penanaman Dalam Rangka Penghijauan Pegunungan Kendeng pada Kamis ( 5/11/2020) bersama Perum Perhutani KPH Pati.

Menurut bupati, menanam pohon ini manfaatnya tidak hanya untuk generasi sekarang, namun juga anak cucu nanti. Untuk itu berharap agar para pegiat lingkungan di wilayah tersebut dapat menggerakkan upaya penanaman pohon, terutama di masa menjelang musim penghujan ini.

“Saya juga ikut berupaya di sisa masa jabatan saya yang tinggal 1 tahun 10 bulan ini, untuk mengadakan gerakan Setiap Rumah Satu Pohon dengan menganggarkan dari APBD. Nanti 2021 kita alokasikan pembagian bibit buah untuk setiap rumah masyarakat", terang bupati.

Dalam kesempatan tersebut,  Administratur (ADM) Perhutani KPH Pati, Edrian Sunardi mengajak semua pihak agar bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Seluruh unsur masyarakat juga diminta untuk merasa memiliki hutan sehingga dapat ikut menjaga kelestariannya khususnya di wilayah pegunungan kendeng.

"Impian kita, kendeng bisa kembali hijau seperti lahan kritis di Gunung Kidul. Dengan perjalanan panjang sekitar 20 tahun saat ini wilayah itu sudah hijau kembali", katanya. Pihaknya yakin, ketika wilayah lain bisa maka pegunungan kendeng juga bisa.

"Dan langkah yang paling utama dalam mencegah gangguan keamanan hutan adalah adanya masyarakat setempat yang sadar akan pentingnya fungsi hutan bagi kehidupan", jelasnya.