Larang Pengunjung yang Tak Pakai Masker

Jumat, 22 Mei 2020 | 07:47:26 WIB - Oleh Administrator


Untuk melihat sejauh mana penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan, Bupati Pati melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Surya Baru, Swalayan Luwes dan Swalayan ADA, Rabu (20/5/2020).

Bupati Pati Haryanto menegaskan, pengelola swalayan harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti menyediakan tempat cuci tangan. Selain itu, juga ada larangan kepada pengunjung yang tidak memakai masker untuk masuk ke swalayan.

“Ini sudah cukup baik. Kalau bisa ada satpam yang selalu berjaga di depan untuk melarang pengunjung yang tidak memakai masker. Bilang saja kalau itu perintah bupati. Ini dilakukan karena saya berusaha menjaga kesehatan dan keselamatan warga saya,” tegas Bupati Pati Haryanto.

Bupati menyampaikan, sejauh ini penerapan social distancing sudah dilakukan, seperti antrean pembayaran yang dibuat berjarak. Begitu pula ketika menaiki eskalator pun dibuat berjarak.

“Saya tadi melakukan tinjauan hanya mendapati satu dua orang yang tidak memakai masker, kemudian saya berikan masker,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Haryanto berharap, meskipun di tengah pandemi saat ini, ekonomi tetap bisa berjalan. Demikian juga pekerjaan tetap berjalan, namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

Store Manager ADA Swalayan Yohanes Suryanto mengatakan, pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan, sebelum dipanggil oleh Bupati Pati pada Selasa (19/5/2020).

“Jadi ketika mendapat instruksi tersebut telah siap,” ujarnya.

Terkait jumlah kunjungan di tengah pandemi saat ini, dirinya mengakui mengalami penurunan mencapai 30 persen dibanding dengan tahun sebelumnya.