Kalau Jadi Kades Berniatlah Untuk Mengabdi, Memberi Pelayanan Pada Masyarakat

Senin, 18 Okt 2021 | 11:12:49 WIB - Oleh Administrator


Proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) ditinjau langsung oleh Bupati Pati, Haryanto pada Sabtu (16/10/2021), setelah sebelumnya dilangsungkan Deklarasi Damai  yang diikuti oleh panitia dan para calon kepala desa .

Menurut bupati,  pelaksanaan PAW memang secara teknis berbeda dari Pilkades reguler. PAW dilakukan secara musyawarah mufakat atau melalui pemungutan suara. Namun, jumlah pemilihnya lebih sedikit, tidak sama dengan Pilkades reguler. Pemilih hanyalah mereka yang punya hak suara dalam musyawarah desa (Musydes).

Enam desa yang menggelar PAW adalah Desa Tanjang Kecamatan Gabus, Desa Bageng Kecamatan Gembong, Desa Tegalarum Kecamatan Margoyoso, Desa Pakis Kecamatan Tayu, Desa Margomulyo dan Bumirejo Kecamatan Juwana.

Diugkapkan oleh bupati, para kandidat memang bersaing tetapi setelah pemilihan harus bisa bersanding, bersatu karena semua mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam pesannya bupati,  nantinya yang kalah dalam PAW bisa ikhlas dan legowo. Di sisi lain, yang menang juga tidak boleh jemawa. Kepada siapa pun yang nantinya terpilih berpesan agar yang bersangkutan memahami bahwa tugas kepala desa sekarang ini tidaklah mudah.

“Regulasinya sangat ketat. Ada kades yang sukses, tapi ada juga yang tersangkut urusan duit (anggaran). Maka, kalau jadi Kades berniatlah untuk mengabdi. Memberi pelayanan pada masyarakat,” tegas bupati.

Dalam pesannya, Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin minta agar kepala desa yang terpilih nanti dapat menyejahterakan masyarakatnya, dan bagi yang belum terpilih untuk mendukung dan menyokong Kades terpilih, agar masyarakat sejahtera.

Adapun hasil penghitungan suara dalam PAW Kabupaten Pati 2021, dari  Kasubbag Bina Pemerintahan Desa Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Fendy Eko Sulistianto, sebagai berikut :

Desa Bumirejo, Kecamatan Juwana:

1. Sutrisno, 33 suara.

2. Eko Jatmiko, 25 suara.

Desa Tegalarum, Kecamatan Margoyoso

1. Priyadi, 43 suara

2. Supriyadi, 57 suara

Desa Tanjang, Kecamatan Gabus

1. Hadi Siswanto, 55 suara

2. Komari, 60 suara

Desa Bageng, Kecamatan Gembong

1. Moh Edy Fauzan, 7 suara

2. Hery Setiawan, 93 suara

3. Moh Zaenuri, 107 suara

Desa Pakis, Kecamatan Tayu

1. Subiyanto, 108 suara

2. Widodo Hariyadi, 77 suara

Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana

1. Nawito, 47 suara

2. Teguh Pambudi, 76 suara

3. Zaenal Arifin, 117 suara