GANDENG KUPAT UNTUK TINGKATKAN IMUNITAS TENAGA MEDIS

Kamis, 28 Mei 2020 | 12:01:44 WIB - Oleh Administrator


Sebagai upaya untuk membantu tenaga medis dalam meningkatkan imunitas di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggandeng pelaku usaha Komunitas UMKM Pati (Kupat) memberikan bantuan untuk para tenaga medis berupa madu sebanyak 2.600 pcs, makanan dan minuman herbal sebanyak 5.600 pcs serta makanan ringan sebanyak 9.400 pcs. Bantuan ini nantinya akan disalurkan kepada 2 rumah sakit daerah di Pati, 7 rumah sakit swasta dan 29 Puskesmas.

Pemberian bantuan ini dilakukan di Pendopo Kabupaten Pati pada Rabu ( 27/5) di Pendopo Kabupaten Pati dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin dan Sekda Suharyono kepada Direktur RS dan beberapa Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Pati.

Bupati mengatakan bahwa pandemi Covid -19 di Kabupaten Pati sejak bulan Maret 2020 sampai sekarang berdampak tidak hanya di bidang kesehatan saja, melainkan juga berdampak pada semua sektor. Untuk itu dilakukan refocusing anggaran yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Salah satunya juga digunakan untuk mensupport para pelaku usaha maupun UMKM.

Selain untuk mensupport para pelaku usaha, bantuan produk tersebut juga untuk mensupport masyarakat yang terindikasi covid - 19. Ia optimis dengan upaya - upaya tersebut semoga dapat menjaga roda perekonomian di Pati.

Lebih lanjut dikatakan bupati, " Presiden telah berusaha melakukan upaya - upaya yang terbaik namun tidak terlepas dari protokol kesehatan. Jadi kita tidak lepas dari protokol kesehatan. Dan Kabupaten Pati akan mengikuti perkembangan - perkembangan dari pemerintah pusat. Setidaknya kita sosialisasi ke masyarakat agar selalu menggunakan masker ".

Lebih lanjut bupati mengatkan bahwa meskipun menggunakan masker merepotkan, namun hal tersebut harus dilakukan. Sebab sampai saat ini belum ada dokter yang memberikan pernyataan bahwa virus corona dapat disembuhkan dengan obat tertentu.

" Yang terpenting ialah perilaku dan kedisiplinan. Serta bagaimana masyarakat dapat menerapkan hal tersebut. Kalau kita mendengar ataupun membaca informasi dari pakar kesehatan, dokter ahli, bahwa isolasi di RS jauh lebih beresiko dari pada di rumah. Sebab di RS tentu terdapat virus - virus yang lain ", jelasnya.

Maka Pemkab Pati melalui Dinas Koperasi dan UMKM mempercayakan bantuan produk untuk tenaga medis diolah para pelaku UMKM Kabupaten Pati. Bupati meyakini kualitas produk UMKM Pati tentu baik.

" Oleh karena itu kita berupaya agar UMKM ini dapat bangkit. Bagaimana kita mencintai produk - produk dalam negeri, terutama produk lokal. Jadi kita harus menguatkan produk - produk daerah ", tegasnya.