BUPATI AJAK PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN

Sabtu, 24 Okt 2020 | 08:20:13 WIB - Oleh Administrator


Mampu menggerakan peran serta masyarakat dalam rangka pengelolaan kampung, desa dan kota guna menjalankan Proklim (Program Kampung Iklim ), Bupati Pati, Haryanto menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Pembina Program Kampung Iklim tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup pada Jum’at (23/10/2020) secara virtual di Ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Pati, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati dan Kades Langse Kecamatan Margorejo.

"Jadi manakala kita mendapatkan penghargaan, bukan karena kita dekat dengan kementerian, pemprov maupun pemangku kepentingan yang lain. Namun karena kita benar - benar membina dan mengelola sekaligus mengedukasi kepada masyarakat agar mereka peduli terhadap lingkungan", kata  bupati saat diwawancarai.

Bupati mengajak dengan semangat yang muncul karena mendapat apresiasi ini, masyarakat dan jajaran pemerintah diharapkan untuk terus berupaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan untuk menjaga dan melestarikannya.

Menurut bupati, hal ini merupakan penghargaan yang luar biasa, "Jadi penghargaan ini adalah hal yang luar biasa. Sebab dari 516 Kabupaten Kota se - Indonesia, tidak semua mendapatkan penghargaan ini. Hanya sebanyak 38 daerah yang berhasil memperoleh penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut.", terangnya.

Sedangkan desa di Kabupaten Pati yang terpilih sebagai percontohan di tahun 2020 ialah Desa Langse Kecamatan Margorejo. Pada tahun 2019 ,  Pemkab Pati juga meraih penghargaan sebagai Pembina Proklim atas keberhasilan mendorong pengendalian perubahan iklim di beberapa desa.