Booster Untuk Menambah Imunitas

Jumat, 12 Agu 2022 | 09:23:46 WIB - Oleh Administrator


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang pelaksanaan vaksin Covid-19 booster kedua atau vaksin keempat bagi tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia yang dimulai pada Jumat (29/7). Pemberian vaksinasi booster kedua dilakukan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi booster dosis pertama.

Kabupaten Pati sudah memberikan vaksin kepada 580 nakes dan mendistribusikan vaksin ke seluruh rumah sakit dan Puskesmas. Vaksin yang digunakan untuk booster kedua tersebut adalah vaksin yang saat ini tersedia, yaitu Moderna, Astrazeneca dan Pfizer.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM, mengatakan, “Untuk vaksin booster kedua bagi masyarakat umum sekarang belum terlaksana karena saat ini nakes yang diutamakan untuk vaksin booster kedua atau vaksin ke-4 (V4). Booster kedua ini diberikan untuk menambah imunitas para Tenaga Kesehatan, sebagai garda terdepan penanganan pandemi ini, nakes termasuk dalam kelompok berisiko tinggi terpapar dan memaparkan virus covid-19.

Sementara capaian Vaksin booster pertama (V3) untuk masyarakat umum baru mencapai 19%, ini masih jauh dari target capaian sebanyak 40%.

“Animo masyarakat untuk melakukan vaksin saat ini menurun, dan diharapkan tetap menggencarkan vaksinasi baik vaksin dosis pertama, dosis kedua maupun dosis ketiga”, imbuh dr. Aviani Tritanti Venusia, MM.