ANTISIPASI MUSIBAH DI PELABUHAN, BUPATI TINJAU SYAH BANDAR JUWANA

Selasa, 19 Mei 2020 | 10:26:57 WIB - Oleh Administrator


Mengantisipasi terjadinya musibah di area pelabuhan, Bupati Pati, Haryanto bersama dengan Sekda Dandim/ 0718 dan Kapolres Pati melakukan peninjauan kondisi pelabuhan Pelabuhan Syah Bandar Juwana jelang hari raya, Senin (18/5).

Bupati mengatakan, " Kita berusaha menata kapal - kapal ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti di tahun sebelumnya pernah terjadi kebakaran kapal. Oleh karena itu kita berusaha untuk mengantisipasi hal tersebut ".

Dengan melakukan koordinasi dengan Kepala Syahbandar, pihaknya saat ini tidak memperbolehkan adanya tempat - tempat yang digunakan untuk perbaikan maupun pengelasan kapal jelang lebaran.

" Hal ini sebagai upaya antisipasi yang baik karena salah satu penyebab terjadinya kebakaran kapal ialah berasal dari perbaikan. Kalau mau diperbaiki ya di dok, apabila ingin memperbaiki di tempat - tempat tertentu maka harus cek lapangan ", tegasnya.

Diingatkan oleh Bupati kepada anak buah kapal (ABK), yang menjadi tenaga maupun ikut pembongkaran ikan, agar tetap menggunakan masker. Hal ini lantaran virus corona saat ini masih bisa menyebar. Selain itu, di pelabuhan telah disediakan tempat cuci tangan. Dan dari Polres Pati bersama Satpolair telah menyiapkan tenaga keamanan terpadu untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan serta telah menyiapkan rapid tes bagi ABK.

" Sedangkan ABK yang saat ini hendak pulang kampung, cukup di cek suhu tubuhnya. Namun dari pantauan hingga saat ini, mereka rata - rata sehat. Sebab mereka sudah melakukan isolasi di kapal selama perjalanan entah dari Papua atau Kalimantan yang perjalanannya memakan waktu dua minggu," kata Bupati.