SATU LAGI IKON WISATA PATI WISATA SUSUR SUNGAI SILUGONGGO

Kamis, 09 Jan 2020 | 10:53:16 WIB - Oleh Administrator


Adalah Desa Kedungpancing sebuah desa yang berada dialiran Sungai Silugonggo atau dikenal dengan sebutan Kali Juwana saat ini berbenah wisata. Seiiring keberadan Sungai Juwana yang seolah menjadi ikon tersendiri bagi masyarakat Kecamatan Juwana Kabupaten Pati pada umumnya. Panjangnya aliran sungai tersebut menyimpan potensi tersendiri. Jika digarap dengan baik maka akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Menurut penuturan Kepala Desa Kedungpancing Didik Narwadi sungai Silugonggo adalah aset penting yang harus dimanfaatkan. Akhirnya, melalui BUMDes dengan mengunakan Dana Desa ia pun membeli tiga perahu naga. Ketiga Perahu Naga milik BUMDes Kedungpancing tersebut sudah diuji coba dalam lomba balap perahu naga Silugonggo Cup IV.

Guna merealisasikan hal tersebut, Pemerintah Desa dan BUMDes Kedungpancing sudah mempersiapkan beberapa hal, diantaranya nahkoda dan penabuh drum pengatur ritme, yang diambil dari Karang Taruna setempat serta pelampung. Nantinya semua lapisan masyarakat bisa menyewa, tidak terbatas pada mereka yang telah mahir mengemudi perahu.

Terkait biaya sewa, sementara direncanakan antara Rp. 200 ribu – Rp. 300 ribu untuk 10 orang. Wisata yang sudah dibuka sejak bulan Juli 2018 ini sangat dipadati oleh pengunjung, dan memiliki banyak antrian.