INGATKAN KADES TERPILIH BUPATI MINTA JANGAN ADA ANGGARAN YANG MASUK KANTONG PRIBADI

Rabu, 08 Jan 2020 | 21:09:03 WIB - Oleh Administrator


"Lha anggaran ini kan bukan milik pribadi, melainkan milik pemerintah untuk kepentingan masyarakat. Jangan sampai anggaran tersebut masuk ke kantong pribadi, makanya saya selalu mengingatkan untuk hati - hati dalam menggunakannya ", himbau Bupati Haryanto disaat memberikan sambutan dalam kegiatan pengarahan kepada para kades terpilih. Usai terlaksananya pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 21 Desember 2019 lalu, pada selasa (07/01/2020). 

Kegiatan ini bertujuan memberi arahan bahwa sebelum dilantik para kades akan memperoleh bekal melalui pelatihan. "Pelatihan ini sifatnya wajib, sebab terdapat materi - materi seperti cara menyusun APBDes, program kerja, membuat pertanggung jawaban, serta juga diisi materi oleh Kapolres maupun Dandim Pati ", ujarnya.

Lebih lanjut bupati menjelaskan bahwa karena materi pelatihan sangat penting diharap semua bisa mengikuti. "Sehingga kita latih terkait pemerintahan, pembangunan, hukum dan lain - lain. Karena Kades mau tidak mau dituntut untuk paham segala hal, terlebih saat ini zamannya adalah zaman milenial. Kita jadwalkan tanggal 15 Februari terlaksana, yaitu sabtu legi", jelasnya.

Lebih lanjut, bupati mengatakan bagi kades yang sudah lebih dulu berpengalaman, tidak jadi persoalan. " Dan yang terpenting harus bisa menyikapi, persoalan - persoalan yang ramai di media sosial ", imbuhnya. Apabila di waktu sebelumnya, pelantikan dahulu baru pelatihan, namun sekarang, menurut Bupati, aturannya beda, yakni pelatihan dulu baru pelantikan. "Saya juga menghimbau agar dalam pembahasan APBDes, para kades terpilih ini bisa dilibatkan agar semua program - programnya terakomodir. Sekalipun belum membuat RPJMDes, setidaknya sudah ada program - program yang muncul dari kades terutama saat membuat visi misi ", tegasnya.

Setelah pelatihan harapannya, kades yang berasal dari latar belakang berbeda - beda ini mampu mengerti dan memahami terkait sistem dalam pemerintahan, khususnya dalam mengelola anggaran yang begitu besar.