Budaya Tradisional Harus Bisa Jadi Alat Pemersatu

Jum'at, 02 Nov 2018 | 07:49:11 WIB - Oleh Administrator


Bupati Pati Haryanto berharap budaya tradisional bisa menjadi alat pemersatu. Hal itu dikemukakan saat Bupati, kemarin, saat menghadiri pengukuhan pengurus forum komunikasi media tradisional Kabupaten Pati tahun 2018 - 2023 di Pendopo Kabupaten Pati.

"Forum media tradisional ini diharapkan bisa membawa kita untuk saling  pengertian bukan saling menghujat sehingga menimbulkan perpecahan", pinta Bupati.

Haryanto juga berpesan agar yang dipilih menjadi  pengurus forum komunikasi media tradisional adalah mereka para pelaku seni yang benar-benar cinta pada seni budaya.

"Sehingga orang yang dipilih adalah yang punya jiwa seni, karena dengan jiwa seni yang dimiliki, mereka bisa mengepresikan dan menyalurkan bakat", tutur Bupati.

Mudah-mudahan, lanjut Haryanto, seni tradisional juga menjadi  bagian dari media untuk bisa memberikan pesan-pesan moral kepada masyarakat agar kelangsungan informasi yang kita miliki tidak terputus. Selain Bupati, acara itu juga dihadiri Kepala Diskominfo dan Plt Disdikbud Kabupaten Pati.

Plt Disdikbud Pujo Winarno, dalam laporannya mengatakan bahwa pengukuhan forum komunikasi media tradisional dengan tema "Optimalisasi Seniman Sebagai Sumber Informasi Pembangun" tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan dan apresiasi terhadap budaya dan seni.

"Selain itu juga untuk mengembangkan budaya berdasarkan kearifan lokal", imbuhnya. Melengkapi kegiatan pada malam tersebut, di halaman Setda Pati digelar pula pentas ketoprak Ronggo Budoyo dari desa Ronggo kecamatan Jaken. (fn3/FN /MK)