Pj Bupati Lepas 33 Atlet Pati Ikuti PON XXI Aceh-Sumut

Rabu, 11 Sep 2024 | 08:17:26 WIB - Oleh Administrator


Penjabat Bupati Pati Sujarwanto Dwiatmoko secara resmi melepas atlet dan official Kabupaten Pati yang akan mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.
Pelepasan tersebut dilakukan di Pendopo Kabupaten Pati, Jumat (6/9/2024) malam.

Diketahui, penyelenggaraan ke-21 dari Pekan Olahraga Nasional (PON) dijadwalkan berlangsung dari 9 hingga 20 September 2024 dengan Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah.

Sesuai rencana, Stadion Harapan Bangsa di Aceh akan menjadi pusat kegiatan saat opening ceremony pada 9 September 2024 nanti.

Selain Pj Bupati, juga turut hadir dalam pelepasan atlet tersebut, Sekda Pati Jumani, Ketua Pengadilan Negeri Pati, Wakapolresta Pati, Perwakilan Kodim 0718 Pati, Anggota DPRD Pati, Ketua Koni Kabupaten Pati serta Kepala OPD terkait dan para atlet dan official.

Pj Bupati Pati Sujarwanto mengungkapkan, sebanyak 33 atlet asal Kabupaten Pati dilepas untuk mengikuti PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara. Mereka diharapkan mampu menjadi atlet yang berprestasi yang lebih tinggi. Menurutnya, ini merupakan suatu kesempatan untuk meraih prestasi di tingkat nasional.

"Kami mengharap bahwa kawan-kawan ini menjadi atlet yang berprestasi. Tunjukkan prestasi sehebat mungkin. Karena apa? Karena mereka sudah susah payah menyiapkan semuanya dan mereka sudah terpilih dari yang hebat di Pati. Maka kehebatannya ditunjukkan di nasional," ungkap Sujarwanto.

Sujarwanto berpesan bahwa pada ajang PON ini selain ajang unjuk kebolehan dalam prestasi olahraga, juga merupakan ajang untuk mempersatukan antar bangsa. Sehingga ia mengajak kepada para atlet untuk menjaga dan membangun keakraban sesama atlet.

"Maka disana harus punya pergaulan yang bagus, menunjukkan jatidiri sebagai masyarakat Pati yang memang luar biasa di pentas yang luar biasa ini. Sehingga nanti mereka akan punya jejaring nasional perkawanan, persahabatan dan akhirnya Indonesia menjadi satu padu yang kuat," pesan Pj Sujarwanto Dwiatmoko.

Sementara itu Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pati Sutarto Oenthersa menjelaskan, pihaknya akan memberangkatkan ke 33 atlet tersebut yang terbagi dalam 19 cabang olahraga (cabor) ditambah pelatih juga official.

"Tadi pelepasan atlet telah dilakukan oleh Pak Pj, serta penyerahan uang pembinaan juga. Bahkan tadi juga sudah ada atlet senam yang pulang ke Pati membawa oleh-oleh medali perunggu," katanya.

Pada PON XXI kali ini, secara sepesifik, Soetarto tidak punya target khusus untuk perolehan medali. Namun ia berharap para atlet tetap meraih prestasi terbaiknya.

"Kalau target khusus engga ada, tapi tadi pak Pj mentargetkan panahan yang dari Pati, mas Andhika targetnya dari Provinsi Jawa Tengah emas," ungkapnya.

Sejumlah atlet, wasit serta pelatih atau official menerima uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Sujarwanto, Sekda Pati serta perwakilan Forkopimda Pati. (po5/PO)