Tindaklanjuti Aduan Masyarakat, Dishub Monitoring Truk Pengangkut Batu di Wilayah Dukuhseti

Rabu, 15 Jun 2022 | 09:40:30 WIB - Oleh Administrator


Menindaklanjuti informasi dari masyarakat melalui DPRD Kab Pati berkenaan dengan banyaknya truk pengangkut batu dari wilayah perbukitan Celering Kabupaten Jepara yang over tonase petugas Dinas Perhubungan dipimpin langsung Kepala Dinas Perhubungan Teguh Widyatmoko AP, MSi melaksanakan kegiatan patroli dan monitoring. Kegiatan ini perlu dilakukan dikarenakan lalu lintas truk pengangkut batu ini mengambil dari Wilayah Celering Jepara melintasi wilayah Kecamatan Dukuhseti dan Kecematan Tayu Kabupaten Pati yang berpotensi menyebabkan kerusakan jalan dan permasalahan lalu lintas.

Dalam pelaksanaan kegiatan Kepala Seksi Pengamanan dan Keselamatan Jalan Haryanto, ST yang turut mendampingi Kepala Dinas Perhubungan menyampaikan bahwa tahap awal ini dilakukan pendataan dan wawancara terhadap beberapa kendaraan truk pengangkut batu yang melintas. Selanjutnya penanganannya akan dilaksanakan koordinasi dengan instansi terkait agar keberadaan truk pengangkut batu ini tidak menyebabkan permasalahan lalu-lintas.

Selain itu petugas juga menghimbau agar para pemilik kendaraan menghindari adanya ODOL (Over Dimensi dan Over Loading) selama mengoperasikan kendaraan truknya karena akan menyebabkan beberapa permasalahan yang dapat merugikan para pengusaha truk itu sendiri. Beberapa permasalahan berkaitan dengan Over Dimensi dan Over Loading diantaranya Akan memperpendek umur operasional kendaraan, biaya operasional akan lebih besar, potensi terjadinya kecelakaan lebih tinggi, menyebabkan potensi pencemaran lingkungan karena emisi gas buangnya lebih banyak.