SOAL DATA DIMUDESKAN AGAR TIDAK TUMPANG TINDIH

Kamis, 14 Mei 2020 | 08:15:04 WIB - Oleh Administrator


Bupati Pati, Haryanto menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I secara simbolis untuk Keluarga Penerima Manfaat di Kantor Pos Cabang Pati., rabu (13/5/2020).


Dalam kesempatan tersebut bupati menjelaskan, jumlah awal usulan bantuan yang diajukan Kabupaten Pati untuk BST ini sejumlah 29 ribu. Dimana dengan jumlah yang mencapai 29 ribu tersebut, diharapkan dapat meringankan beban pemerintah desa serta pemerintah daerah dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, akan tetapi sampai saat ini yang turun baru sejumlah 12. 405.

" Dengan jumlah 29 ribu tersebut, harapannya nanti pemerintah desa menjadi ringan, pemerintah daerah juga akan ringan karena ini khusus dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 ", harapnya.

Lebih lanjut diterangkan oleh Bupati Haryanto, bahwa bantuan untuk masyarakat Pati ada program PKH, BPNT, BST, BLT dan BLT Pemda. Dan untuk BST kali ini adalah BST bulan april, akan tetapi pencairan pada bulan mei karena sebelumnya ada verifikasi data. Namun nantinya yang diterima KPM tetap untuk tiga bulan.

Menyinggung soal data, bupati tidak menampik ada semacam ketidaksesuaian. " Ya ini dimusdeskan, jujur saja ya memang data ini di desa itu kita tidak menampik ada semacam ketidaksesuaian. Karena di lapangan yang sebenarnya orang itu tidak layak dapat, malah dapat. Tapi ya ada yang mestinya dapat malah nggak dapat. Nah, ini yang nanti akan kita cover dari Dana Desa maupun dari Pemkab. Maka dari itu prosesnya agak lambat karena kami berupaya agar tidak ada tumpang tindih ", jelasnya.

Bupati menerangkan bahwa untuk BST tahap I ini penerima mendapatkan sebesar Rp 600 ribu rupiah per bulan, selama tiga bulan yaitu april, mei, dan juni.