Pengendalian Gratifikasi Bentuk Pegawai Lebih Berintegritas

Jumat, 08 Mar 2024 | 13:35:31 WIB - Oleh Administrator


Keberhasilan pengendalian gratifikasi ditunjukkan dengan terciptanya Budaya Anti Gratifikasi yang tercermin dari Tingkat pemahaman dan kepatuhan pejabat dan pegawai suatu instansi terhadap aturan gratifikasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Penyuluh Anti Korupsi Muda Inspektorat Kabupaten Pati, Zainal Arifin pada Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi di Aula Diskominfo pada Jum’at ( 8/3/2024) .

“Manfaat pengendalian gratifikasi sendiri  bagi individu dapat membentuk pegawai lebih berintegritas, meningkatkan kesadaran pegawai untuk menolak gratifikasi . Sedangkan bagi instansi dapat membentuk citra positif dan kredibilitas instansi, serta mendukung  terciptanya lingkungan pengendalian yang kondusif dalam pencegahan korupsi. “ jelas Zainal Arifin.

Ditambahkan , untuk tujuannya adalah untuk pengendalian gratifikasi secara transparan dan akuntabel, melalui serangkaian kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif instansi pemerintahan, dunia usaha dan masyarakat untuk membentuk lingkungan pengendalian gratifikasi.

Sementara itu, Kepala Diskominfo ,Ratri Wijayanto , mengharapkan dapat merespon jika menemukan upaya-upaya grafitikasi.